Ukuran Mamalia Di Dunia Mengecil Sejak Adanya Manusia

Manusia telah mengubah evolusi ukuran mamalia selama ribuan tahun, menurut penelitian baru.

Bahkan sebelum manusia bermigrasi keluar dari Afrika, populasi manusia awal mulai mempengaruhi ukuran dan keragaman hewan. Studi terbaru, yang diterbitkan dalam jurnal Science, menunjukkan bahwa kepunahan ukuran-selektif bukanlah produk alami dari evolusi tetapi merupakan ciri khas aktivitas manusia.

“Salah satu penemuan paling mengejutkan adalah bahwa 125.000 tahun yang lalu, ukuran tubuh rata-rata mamalia di Afrika sudah 50 persen lebih kecil daripada di benua lain,” kata penulis Felisa Smith, ahli paleoekologi di University of New Mexico dalam sebuah berita, “Kami menduga ini berarti bahwa manusia purba dan hominin lain telah mempengaruhi keragaman mamalia dan ukuran tubuh di akhir zaman Pleistocene.”

Baca juga : Robot Akan Mendominasi Manusia Di Masa Depan

Para peneliti melakukan survei komprehensif tentang catatan fosil, menganalisis sisa-sisa spesies yang hidup di seluruh benua planet ini selama 65 juta tahun terakhir. Penelitian mereka menunjukkan tidak ada hubungan antara ukuran dan kepunahan sampai kedatangan manusia.

Manusia bergeser dari pola makan nabati ke yang sebagian besar bergantung pada daging tidak lama setelah mereka menyimpang dari nenek moyang mereka. Ketika keterampilan berburu mereka berkembang, manusia mulai menargetkan mangsa yang lebih besar dan lebih besar. Potongan besar daging dapat mempertahankan kelompok manusia untuk periode waktu yang lebih lama.

Hingga saat ini, sebagian besar peneliti telah berfokus untuk menjelaskan hilangnya mega fauna pada akhir zaman es terakhir. Studi terbaru adalah salah satu yang pertama untuk melacak dampak dari aktivitas manusia pada ukuran dan keragaman hewan ke Kuarter Akhir, sekitar 1 juta tahun yang lalu.