Pluto Harus di Klasifikasikan Kembali Sebagai Planet

Penelitian baru mengatakan bahwa Pluto harus di klasifikasikan sebagai sebuah planet, karena menemukan bahwa definisi planet saat ini keliru. Etimologi kata planet dari bahasa Yunani yang berarti ‘pengembara’. International Astronomical Union (IAU) bertanggung jawab atas definisi resmi planet-planet yang ada serta planet-planet kerdil. Pada tahun 2006, IAU mengambil suara dari para astronom di Sidang Umum IAU di Praha dan mencapai konsensus tentang definisi terbaru dari planet yang masih berlaku saat ini. Menurut IAU , definisi planet adalah:

• Berada di orbit mengelilingi Matahari
  • Memiliki massa yang cukup untuk gravitasinya sendiri sehinggm mengasumsikan bentuk keseimbangan hidrostatik (hampir bulat), dan
  • Telah membersihkan lingkungan sekitar orbitnya.

Karena itu, tata surya secara resmi terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Pluto diklasifikasikan sebagai planet katai. Pluto tidak dianggap sebagai planet karena ia berbagi orbitnya dengan gas dan benda beku di sabuk Kuiper, dan gravitasi Neptunus mempengaruhi Pluto.

Mengapa Pluto kehilangan status planetnya?

Keputusan untuk mengecualikan Pluto dalam jajaran planet telah menjadi subyek banyak kontroversi di kalangan ilmuwan. Kirby Runyon, seorang ilmuwan di Johns Hopkins University, Maryland dan rekan penulis studi baru ini sebelumnya mengatakan: Pluto memiliki semua yang terjadi di permukaannya yang Anda kaitkan dengan planet. Tidak ada yang non-planet tentang hal itu. ”Runyon sebelumnya berpendapat dalam sebuah makalah bahwa sebuah planet harus ditentukan oleh kualitas intrinsik dari planet itu sendiri, daripada faktor eksternal seperti orbitnya atau benda-benda tetangga lainnya .

Sekarang, Florida Space Institute, yang merupakan bagian dari Universitas Central Florida, telah menerbitkan sebuah makalah dalam jurnal Icarus yang menemukan bahwa definisi planet saat ini tidak didukung oleh penelitian. Penulis makalah penelitian, Philip Metzger, telah meninjau literatur ilmiah dan telah mengidentifikasi masalah mendasar dengan definisi planet-planet. Definisi planet-planet yang didasarkan pada fakta bahwa orbit yang kosong adalah standar untuk membedakan antara asteroid dan planet. Namun, Metzger mengatakan: “Mereka tidak mengatakan apa yang mereka maksudkan dengan membersihkan orbit mereka. Jika Anda mengambil secara harfiah, maka tidak ada planet, karena tidak ada planet yang mengorbit orbitnya. “Runyon menambahkan, Kami menunjukkan bahwa ini adalah klaim sejarah yang salah, oleh karena itu keliru untuk menerapkan alasan yang sama untuk Pluto. ”

Argumen mengapa Pluto harus di klasifikasikan sebagai planet juga termasuk kompleksitas Pluto sebagai bagian yang menarik dari tata surya kita. Metzger berkomentar: “Satu-satunya planet yang memiliki geologi yang lebih kompleks daripada Pluto adalah Bumi.” Pluto memiliki samudra bawah tanah, atmosfer multilayer, senyawa organik, dan bukti danau kuno. Metzger berpendapat bahwa para ilmuwan sudah menemukannya secara fungsional berguna untuk mendefinisikan Pluto sebagai planet dalam makalah penelitian mereka.

Apa definisi ideal planet?

Bersamaan dengan argumen bahwa Pluto harus di klasifikasikan sebagai planet, Metzger telah menyarankan bahwa klasifikasi planet harus didasarkan pada apakah itu cukup besar untuk gravitasi untuk memungkinkannya menjadi berbentuk bola.

Sumber artikel : berbagai sumber