Sebelum Meninggal, Hawking Tunjukkan Teori Dunia Paralel

Pernah nonton film The One yang diperankan oleh Jet Li, atau Serial Supergirl yang disalah satu episodenya masuk ke dunia Superhero Flash?. Itu menceritakan tentang dunia paralel dimana kita sebenarnya tidak sendirian. Masih ada tubuh kita di dunia Paralel lain.

Delapan hari sebelum kematiannya, Stephen Hawking mengirim studi terbarunya ke High-Energy Physics dan sekarang telah diterbitkan. Ilmuwan Inggris ini telah menyiapkan kejutan lain bagi umat manusia. Bersama dengan rekan sejawatnya Israel James Hertoge, ia menyarankan suatu cara untuk menguji hipotesis tentang keberadaan alam semesta paralel.

Baca juga : Ukuran Mamalia Di Dunia Mengecil Sejak Adanya Manusia

Dunia, menurut teori saat ini, dimulai 14 miliar tahun yang lalu. Itulah teori relativitas Einstein yang telah dilakukan. Pada awalnya, ada ledakan besar, dan ruang waktu tak terbatas mulai terbentuk dari titik persimpangan. Ekspansi sangat cepat, ruang waktu mulai berkembang pada tingkat yang jauh lebih cepat daripada kecepatan cahaya.

Dunia Paralel HawkingDalam astrofisika, para ilmuwan mulai menyebut fenomena ekspansi ekstrim ini sebagai inflasi kosmik. Salah satu konsekuensinya yang diperlukan adalah keberadaan jumlah alam semesta paralel yang tak terbatas.

Alam semesta kita yang kita amati, dibatasi oleh area di mana cahaya telah sampai dalam waktu miliaran tahun. Jadi itu adalah gambar yang kita lihat ketika kita mengarahkan teleskop ke kedalaman terjauh langit malam. Kita tidak dapat melihat di daerah yang lebih jauh karena tidak ada cahaya yang ditangkap oleh penglihatan kita. Di alam semesta tempat kita tinggal, hanya itulah yang bisa teramati. Tapi secara teoritis bisa pergi ke dunia paralel.

Alam semesta yang teramati ini adalah bagian dari satu alam semesta besar yang tertutup dalam sebuah kantong. Kantong ini dibatasi oleh area di mana inflasi masih berlangsung. Dan kantong-kantong ini tidak terbatas dalam ruang waktu. Para ilmuwan menyebutnya Pocket Universes.

Bahkan jika seseorang bepergian dengan kecepatan cahaya, dia tidak akan pernah dapat dari satu kantong ke kantong lainnya. Area batas yang harus dilaluinya tumbuh jauh lebih cepat daripada kecepatan cahaya. Seluruh rangkaian kantong dan area batas ini disebut multidrug.

Karena kantong ini tidak terbatas, ada alam semesta di mana dinosaurus tidak mati di Bumi. Anda memiliki satu Kaos Hijau yang membaca artikel ini, sedangkan di dunia paralel lain kaos anda berwarna merah.

Selain itu, ada alam semesta di mana ia benar-benar sepi, bukan bintang tunggal. Teorinya mengatakan bahwa beberapa hukum fisika lainnya juga berlaku. Ini pada gilirannya berarti Anda dapat memahami hukum dasar alam dan bagaimana dunia bekerja. Dia secara praktis mengklaim bahwa hukum yang mengatur alam semesta kita hanyalah pilihan acak tanpa substansi yang lebih dalam.

Hawking mengatakan, “Saya tidak pernah menjadi penggemar teori ini”, meskipun banyak dari studinya meramalkan keberadaan multiverse.

Dalam karyanya yang terakhir, ia mencoba membuat situasinya setidaknya sedikit lebih jelas. Dia mendesain model alam semesta holografik dan dengan rekannya Israelnya James Hertoge, hanya mengubah matematika yang menjelaskan asal mula alam semesta.

Menurut Hawking, alam semesta bisa menjadi hologram. Artinya, ruang tiga dimensi kami akan diwakili dalam dua dimensi. Sederhananya, alam semesta akan disimpan sebagai objek 3D pada DVD. Hawking mampu menyingkirkan kantong yang tak berujung yang membuatnya begitu berat. Teorinya tidak mengesampingkan eksistensi mereka, tetapi tidak ada jumlah yang tak ada habisnya. Kontribusi Hawking dan Hertog terletak di atas semua dalam matematika sulit yang mereka miliki.

Selain itu, teori Hawking ini harus diverifikasi menggunakan gelombang gravitasi, yang merupakan gelombang ruang waktu itu sendiri. Sejak 2016, para ilmuwan telah mampu menangkap gelombang, misalnya dari bintang-bintang neutron yang berputar di sekitarnya. Pada waktunya mereka harus mampu menangkap apa yang disebut gelombang primordial, yang merupakan gelombang yang diharapkan yang muncul selama big bang itu sendiri. Analisis mereka dapat menunjukkan apakah teori akhir Hawking benar.

Hawking meninggal pada 14 Maret, hari yang sama ketika Albert Einstein lahir pada 1879. Sepanjang hidupnya ia telah berusaha menemukan berbagai macam teori. Dia ingin menyatukan teori relativitas Einstein dengan hukum mikrokosmos. Di dunia kita saat ini dia punya kekurangan,tapi di salah satu alam semesta paralel ia mungkin dia normal.